3 Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi Penyakit Bipolar

Penyakit bipolar merupakan sebuah penyakit yang menyerang mental seseorang. Di mana penyakit ini membuat suasana hati bisa berubah dengan cepat, energi, konsentrasi, dan mempengaruhi berbagai aktivitas yang dilakukan. Berikut penyebab dan cara mengatasi penyakit ini. 

Penyebab Terjadinya Penyakit

  • Masalah di Bagian Otak

Penyebab paling awal adanya masalah di bagian otak. Terjadinya perubahan fisik yang akhirnya mempengaruhi tingkat bahan kimia otak yaitu ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat pengontrol fungsi otak lainnya. Bisa noradrenalin, serotonin, dan dopamin. Zat ini sangat memengaruhi perubahan mood.

  • Faktor Keturunan

Masalah kesehatan ini juga bisa terjadi karena adanya faktor keturunan. Ada orang terdekat yang memiliki riwayat penyakit ini seperti orangtua dan saudara kandung. Anda harus waspada jika hal ini pernah dialami oleh mereka. Hindari faktor pemicu seperti mengalami stres yang berat dan traumatik akut. 

  • Dampak dari Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial bisa berdampak timbulnya penyakit mental bipolar. Misalnya saja adanya masalah di lingkungan sosial dalam keluarga dekat tentang kematian anggota keluarga yang membuat trauma. 

Kondisi hubungan yang buruk juga bisa jadi penyebab, masalah perceraian, bahkan kondisi keuangan. Dampak ini tentunya membuat emosi menjadi tidak stabil. Dampak dari lingkungan sosial ini bisa saja dialami pada masa kanak-kanak dan baru terlihat saat sudah dewasa. 

Cara Mengatasi Penyakit

  • Perbaikan Pola Hidup

Di mana pola hidup yang memicu stres harus segera diubah agar bisa menjadi lebih baik. Di mana fase-fase stres yang dialami bisa menurun dan kembali membaur dengan lingkungan sekitar. Anda harus yakin untuk bisa pulih dan terus semangat untuk membuat mental kembali sehat. 

  • Obat-obatan

Cara yang lain mengatasi penyakit mental ini dengan memberikan obat-obat. Resep obat dari Dokter akan membantu mengurangi dan mencegah gejala yang biasa timbul. Obat-obatan untuk mengatasi masalah tidur juga diberikan agar bisa beristirahat dengan cukup. Selain itu, obat untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan. Harus diminum sesuai anjuran agar bisa segera pulih. 

  • Psikoterapi

Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan psikoterapi. Terapi yang dilakukan adalah terapi bicara dengan fungsi membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah emosi, pikiran, dan perilaku yang mengganggu. Anda akan diminta menceritakan apa saja yang dirasa atau dialami. Selain itu, terapi yang juga dilakukan adalah terapi perilaku kognitif dan psikoedukasi. 

  • Program Perawatan

Jika sudah ada pada kondisi yang parah, maka diperlukan program perawatan dengan rawat inap di rumah sakit. Adanya pengawasan berkala yang dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko bunuh diri. Di mana kasus ini Anda sebagai penderita sudah sering mencoba menyakiti diri sendiri. 

Bagaimana stres bisa sangat mempengaruhi kesehatan yang akhirnya membuat aktivitas tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Anda harus menjaga kesehatan fisik maupun mental. Berbagai artikel kesehatan bisa dibaca di Orami Magazine yang berisi berbagai info seputar kesehatan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.