5 Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi

Jika Anda bertanya-tanya kapan pertama kali gigi bayi mengalami pertumbuhan? Secara umum, gigi akan tumbuh saat bayi berusia 4-6 bulan. Umumnya, pertumbuhan gigi bayi akan dimulai dengan munculnya dua gigi seri depan. Namun, tahukah Anda bahwa sebelum gigi tumbuh, akan ditandai dengan beberapa gejala. Nah, berikut ini lima tahap dan gejala pertumbuhan gigi pada bayi.

1. Tahap Pertama (Usia 0-6 Bulan)

Bayi terlahir dengan formasi lengkap 20 gigi susu pada gusinya. Gigi pertama akan muncul saat bayi berusia 4 bulan. Namun, waktu pertumbuhan gigi pertama sangat beragam. Jika bayi Anda belum menunjukan gigi pertamanya setelah berusia enam bulan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, pertumbuhan pertama gigi akan ditandai dengan gejala khusus.

Sebelum gigi pertama kali tumbuh, umumnya bayi akan demam dengan temperatur 38,2 derajat celcius, sering menangis dan suka sekali menggigit barang yang keras. Nah, untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut, Anda bisa meletakkan ibu jari Anda pada gusi dan memijat gusinya secara perlahan.

2. Tahap Kedua (Usia 6-10 Bulan)

Pada tahap ini, si kecil sudah mempunyai gigi pertamanya. Sebelum gigi terlihat, permukaan gusinya akan menjadi bergelombang. Pada tahap ini, bayi akan mengeluarkan air liur yang lebih banyak. Sebab itulah, Anda bisa memberinya alas dada guna mengeringkan mulut, dagu dan pipi dari air liur. Serta untuk mencegah dari iritasi dan ruam pada kulit bayi.

3. Tahap Ketiga (Usia 10-16 Bulan)

Dalam tahap ini, gigi geraham akan tumbuh. Adapun gejala yang terjadi pada tahap hampir sama dengan yang sebelumnya. Namun, intensitas air liurnya akan lebih banyak. Serta bayi akan lebih mudah rewel.

Si kecil juga akan kehilangan nafsu makannya. Maka tidak mengherankan jika kesehatan pencernaannya akan terganggu. Besar kemungkinan bayi akan mengalami diare dan demam berat. Jika kondisi bayi Anda semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

4. Tahap Keempat (Usia 16-22 Bulan)

Pada tahap ini akan tumbuh gigi taring. Yaitu gigi dengan bentuk tajam yang berada di antara gigi seri dan gigi geraham. Baik itu di gusi bagian atas maupun gusi bagian bawah.

5. Tahap Kelima (Usia 22-33 Bulan)

Di tahap ini, gigi geraham utama yang ada di pangkal gusi bagian atas dan bawah akan tumbuh. Dalam beberapa kasus, tahap pertumbuhan gigi ini yang paling sakit. Adapun beberapa gejala yang dialami si kecil di antaranya sebagai berikut: gusi yang gatal, suka menggigit, intensitas air liur yang semakin banyak, tidur tidak pulas, hingga nafsu makan berkurang.

Nah, itu dia kelima tahap pertumbuhan gigi bayi. Buat Anda ibu-ibu muda yang baru mempunyai anak pertama, hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan yang dialami si kecil saat giginya baru saja tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *