Honduras Hingga Nikaragua Segera Dapatkan Vaksin COVAX

Enam negara masuk dalam daftar Pan American Health Organization (PAHO) untuk menerima vaksin virus corona (Covid 19) pada pekan ini yang ditetapkan oleh mekanisme COVAX. Dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Rabu kemarin, Direktur PAHO Carissa Etienne mengatakan bahwa dalam beberapa hari mendatang Honduras akan menerima 48.000 dosis vaksin, sementara El Salvador akan mendapatkan 33.600. Selanjutnya Guatemala akan mendapatkan 81.600, Jamaika dan Nikaragua masing masing sebesar 435.000, dan Bolivia 228.000 dosis vaksin.

Dikutip dari laman Newsday, Kamis (11/3/2021), vaksin yang diberikan melalui fasilitas COVAX ini merupakan vaksin AstraZeneca. Sementara itu, Kolombia menjadi negara pertama di benua Amerika yang menerima vaksin COVAX. Negara tersebut telah menerima sebagian vaksin pada batch pertama, yang dimulai pada pekan lalu dengan jumlah 117.000 dosis vaksin Pfizer.

Di Karibia, Bahama menerima 20.000 dosis vaksin melalui sumbangan dari pemerintah India. "Prioritasnya adalah untuk mempercepat pengiriman vaksin ke negara negara yang belum menerimanya pada akhir Maret," kata Etienne. Ia menambahkan bahwa PAHO sedang mempercepat pembelian jarum suntik agar negara memiliki semua alat vaksinasi yang dibutuhkan selama beberapa bulan ke depan.

PAHO melaporkan bahwa selama seminggu terakhir Amerika Serikat (AS), Kanada, Meksiko dan Amerika Tengah melaporkan terjadinya penurunan kasus Covid 19. Namun di Brazil, virus ini terus menyebar ke seluruh kota, terutama di wilayah Amazon. "Kami prihatin dengan situasi di Brazil yang meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman kebangkitan virus ini, tegas Etienne.

Di Karibia, negars seperti Kuba, Barbados dan St Lucia pun telah melaporkan peningkatan kasus. Saat ini, lebih dari 200 juta dosis telah diberikan ke seluruh dunia. Sedangkan Israel menjadi negara dengan persentase tertinggi dari populasinya yang divaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *