Mengenal Lebih Jauh Fungsi dan Pemakaian Dexamethasone

 

Beragam jenis obat ada di sekitar kita tentunya dengan fungsi yang beragam. Konsumsi obat tentu harus dilakukan secara hati-hati agar tidak membahayakan kondisi kesehatan tubuh sendiri. Salah satu produk obat yang banyak digunakan di kalangan masyarakat adalah dexamethasone. Mari kenali lebih jauh produk obat yang satu ini!

Informasi Obat

Jenis obat yang beredar di masyarakat terbagi menjadi dua yaitu obat bebas dan obat resep. Obat yang satu ini merupakan jenis obat resep dan hanya bisa didapatkan dengan rekomendasi dokter. Berikut adalah beberapa hal yang penting dipahami mengenai obat ini:

  • Fungsi Obat

Agar tak salah konsumsi, maka pahami dulu fungsi dari obat ini. Dexamethasone digunakan untuk membantu meredakan peradangan atau inflamasi pada tubuh. Obat ini juga mampu meredakan reaksi alergi serta mengatasi penyakit autoimun. Jenis obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dari dokter. Anda tak bisa mendapatkan obat ini tanpa berkonsultasi dulu kepada dokter.

  • Kategori dan Bentuk

Obat ini masuk ke kelompok obat dengan resep dan merupakan golongan kortikosteroid. Obat ini akan bekerja mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Sementara itu untuk bentuk sediaannya ada beberapa macam. Obat ini bisa diperoleh dalam bentuk tablet, injeksi, salep atau tetes mata, serta sirup. Bentuk obat bisa disesuaikan dengan fungsi atau tujuan pemakaiannya.  

  • Dosis Konsumsi

Sebagai obat resep, maka aturan pakai dari obat ini juga harus ditanyakan kepada dokter yang bersangkutan. Dokter biasanya akan memberikan aturan atau dosis konsumsi sesuai kondisi pasien. Jadi, setiap orang bisa saja membutuhkan dosis konsumsi yang berbeda-beda. Perhatikan aturan konsumsinya dan ikuti dengan benar agar tidak terjadi efek yang fatal.

  • Efek Samping Obat

Setiap jenis obat yang dikonsumsi oleh tubuh pasti akan menimbulkan efek samping. Bisa saja efeknya ringan namun juga bisa tergolong berat. Obat ini mendatangkan efek samping yang perlu diwaspadai. Beberapa efek sampingnya adalah peningkatan nafsu makan, gangguan tidur, perubahan siklus datang bulan, nyeri kepala, nyeri perut, demam, dan lain sebagainya. 

  • Direncanakan sebagai Obat COVID-19

Pandemi COVID-19 yang semakin menggila ini membuat dunia medis terus berusaha mencari obat yang tepat. Jenis obat satu ini juga dipandang dapat menjadi obat untuk pasien COVID-19. Hanya saja ini masih dalam tahap penelitian sehingga belum dapat dipastikan. Selain itu, obat ini juga bukan merupakan antivirus hanya saja dipertimbangkan untuk diberikan pada pasien COVID-19 dengan gejala berat.

 

Itulah poin-poin penting yang perlu diketahui mengenai dexamethasone. Obat ini bisa menjadi solusi tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sehingga konsumsi obat ini bisa tepat sasaran. Penurunan atau peningkatan dosis obat juga harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *