Perjalanan Kereta Jarak Jauh dari Stasiun Senen Dibatalkan Rel Terendam Banjir di Lemahabang

Banjir akibat cuaca ekstrem dan curah hujan tinggi di Pulau Jawa menyebabkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta membatalkan keberangkatan kereta jarak jauh di Stasiun Senen. Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, dampak cuaca ekstrem beberapa hari ini berpengaruh terhadap kondisi prasarana dan operasional KA. "Sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh Lemah Abang Km 55 +100 sampai KM 54+500 terendam banjir," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (21/2/2021).

Eva menjelaskan, untuk sementara waktu rel kereta di jalur tersebut belum dapat dilalui. Dijelaskan, banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut berasal dari luapandebit aliran sungai dari Bendungan Kamojing, Pupuk Kujang dan Walahar. Berikut Informasi perjalanan KA jarak jauh pada Minggu 21 Feb 2021 untuk waktu keberangkatan sampai dengan pukul 12.00 WIB :

1. Stasiun Pasar Senen Seluruh KA dibatalkan 2. Stasiun Gambir

Keberangkatan dialihkan dari Stasiun Cikampek KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir Surabaya Pasar Turi Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir Solo Balapan KA yang dibatalkan di Stasiun Gambir : KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir Bandung

"Kami saat ini berupaya untuk memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur," ucap Eva. "Dua KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan, untuk tetap diupayakan operasionalnya," lanjutnya. Eva juga mengungkapkan penumpang KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan jasa KA.

"Untuk keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala," ujar Eva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *