Yuk Simak Tips Ini! hendak Tetap Sehat & Imun Terjaga Saat Puasa

Bulan Ramadan segera tiba, artinya umat Muslim akan menjalankan ibadah Puasa. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama kurang lebih 13 14 jam. Banyak orang menganggap puasa dapat menurunkan daya tahan tubuh karena tidak adanya asupan makan dan minum selama berpuasa. Namun, kebutuhan nutrisi tubuh harus tetap terpenuhi. Meski harus berpuasa selama 13 14 jam, ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan jam makan yang bergeser, ahli menyebutkan masyarakat tak perlu khawatir akan turunnya imunitas tubuh.

Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD KGEH, MMB mengatakan pembatasan makan akan membuat tubuh melakukan penghancuran lemak tubuh, serta menyebabkan pengurangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Dengan pembatasan makan, berat badan juga akan terjaga, kolesterol akan turun, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol. "Membatasi asupan kalori dengan cara berpuasa ini sering disebut sebagai intermittent fasting , yang dihubungkan dengan meningkatnya daya tahan tubuh orang orang yang berpuasa. Kita berharap, dengan vaksinasi yang sudah terjadwal sistem antibodi akan terbentuk akan lebih baik," jelasnya (06/04/2021).

Ramadan tahun ini merupakan kali kedua umat Muslim berpuasa di tengah pandemi, sehingga selain menjalankan protokol kesehatan secara ketat, kita juga harus membentengi diri kita dengan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Salah satunya dengan memperhatikan pola makanan sehari hari. Usahakan pola makan kita mengandung Zat gizi Makro, Karbohidrat, Protein, Lemak, serta Zat Gizi Mikro: Vitamin dan Mineral. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral alami yaitu dengan mengonsumsi buah buahan.

Buah memiliki beragam manfaat yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Berikut adalah 4 Buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan: 1. Pisang. Pisang merupakan sumber Vitamin B6, Vitamin C dan juga tinggi Kalium. Pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk mendapatkan rasa kenyang lebih lama.

2. Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membersihkan saluran pencernaan dan membantu imunitas secara umum. 3. Apel. Apel juga termasuk buah yang mengandung vitamin C, Vitamin E, dan serat tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kandungan pectin dalam apel membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. 4. Guava Crystal. Guava Crystal mengandung Vitamin C 3x Apel , Zat Besi 30x Apel, Kalsium 50x Apel.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh selama berpuasa, jalankan pola makan seimbang dengan mengonsumsi buah sebanyak 2 3 porsi setiap hari. Yang tidak kalah penting adalah pilih buah yang aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Pisang Cavendish Sunpride, Guava Crystal dan Nanas Honi Sunpride berasal dari satu satunya perkebunan pisang Cavendish, Guava Crystal dan Nanas Honi yang sudah mendapatkan sertifikasi G ood Agricultural Practices (G.A.P) untuk memastikan keamanan produk buah segar untuk dikonsumsi.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *